Perang Salib Menyasar Kaum Bidat Lawan Politik Paus
Meskipun kampanye yang lebih terkenal terjadi di Timur Dekat, beberapa Perang Salib juga terjadi di Eropa. Perang Salib ini diluncurkan oleh tentara yang ambisius. Setelah perang agama pertama ini, komandan lain mencoba membuat paus juga mendukung upaya militer mereka, menurut Morton. “Dalam beberapa dekade, kampanye perang salib terjadi melawan Kekaisaran Bizantium, di Iberia (Spanyol dan Portugal) dan juga di wilayah Baltik.”
Dimulai pada abad ke-13, berbagai paus melancarkan Perang Salib melawan lawan-lawan mereka di Eropa. Perang ini menargetkan petak luas individu, termasuk bidat dalam Susunan Kristen Barat dan lawan politik Paus, kata Morton. Ketika kebijakan dan agenda gerakan Kristen berkembang, begitu pula mereka yang menjadi sasaran Perang Salib.
“Dengan cara ini, perang salib terjadi di banyak daerah berbeda, bukan hanya Mediterania Timur, melawan banyak masyarakat dan komunitas yang berbeda,” kata Morton. “Untuk mata kontemporer, perjalanan ke Yerusalem selalu mempertahankan kepentingan khusus dan unik.”
Sudut Pandang Kaum Pluralis
Kaum pluralis menggunakan istilah Perang Salib sebagai sebutan bagi segala macam aksi militer yang direstui secara terbuka oleh paus yang sedang menjabat. Pemaknaan ini mencerminkan pandangan Gereja Katolik Roma (termasuk tokoh-tokoh Abad Pertengahan pada masa Perang Salib, seperti Santo Bernardus dari Clairvaux) bahwasanya setiap perang yang direstui oleh Sri Paus dapat disebut secara sah sebagai Perang Salib, tanpa membeda-bedakan sebab, alasan, maupun tempatnya.
Definisi yang luas ini mencakup pula aksi-aksi penyerangan terhadap kaum penyembah berhala dan ahli bidah seperti Perang Salib Albigensia, Perang Salib Utara, dan Perang Salib Husite. Definisi ini juga mencakup perang-perang demi keuntungan politik dan penguasaan wilayah seperti Perang Salib Aragon di Sisilia, Perang Salib yang dimaklumkan Sri Paus Inosensius III terhadap Markward dari Anweiler pada 1202, dan yang dimaklumkan terhadap orang-orang Stedingen, beberapa Perang Salib yang dimaklumkan (oleh paus-paus yang berbeda) terhadap Kaisar Friedrich II beserta putra-putranya, dua Perang Salib yang dimaklumkan terhadap para penentang Raja Henry III dari Inggris, dan aksi penaklukan kembali Semenanjung Iberia oleh umat Kristen.
Sudut Pandang Kaum Generalis
Kaum generalis memandang definisiPerang Salib sebagai segala macam perang suci yang berkaitan dengan Gereja Latin dan yang dilakukan sebagai tindakan bela agama.
KOMPAS.com - Perang Kemerdekaan Indonesia terjadi sejak 1945 hingga 1949, yang menjadi puncak perjuangan bangsa Indonesia.
Meskipun sudah resmi merdeka sejak 17 Agustus 1945, masih banyak pihak yang belum bisa menerima kemerdekaan Indonesia, termasuk Belanda dan Sekutu.
Akibatnya, pertempuran pun terjadi pada masa Revolusi Kemerdekaan yang memakan korban mencapai ribuan jiwa.
Baca juga: Dampak Negatif Konferensi Meja Bundar
Latar belakang terjadinya perang kemerdekaan Indonesia adalah keinginan Belanda dan Sekutu untuk kembali menguasai Nusantara.
Satu bulan setelah Indonesia dinyatakan merdeka, tepatnya tanggal 29 September 1945, Sekutu datang.
Sekutu yang dalam hal ini adalah Inggris, sudah membentuk satuan komando bernama SEAC mengirim pasukan mata-mata untuk melihat kondisi di Indonesia setelah kependudukan Jepang pada 1942 silam.
Rupanya, saat itu, Sekutu datang dengan diboncengi oleh NICA (Nederlands Indies Civil Adminstration), yaitu pemerintahan sipil Belanda yang bertujuan untuk kembali berkuasa di Indonesia.
Inggris yang ditugaskan ke Indonesia ternyata diam-dian sudah mengadakan perjanjian rahasia bersama Belanda yang disebut Civil Affair Agreement pada 24 Agustus 1945 silam.
Isi Civil Affair Agreement adalah tentara pendudukan Inggris di Indonesia akan memegang kekuasaan atas nama pemerintah Belanda.
Sekutu mendarat pertama kali di Tanjung Priok, yang dipimpin oleh Letnan Jenderal Sir Philip Christison.
Awalnya, kedatangan Sekutu di Indonesia disambut dengan baik.
Namun, setelah mengetahui bahwa Sekutu datang dengan diboncengi NICA yang secara gamblang ingin kembali menegakkan kekuasaan di Indonesia, maka reaksi pihak Indonesia terhadap Sekutu berubah.
Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya pertempuran di berbagai daerah di Indonesia.
Suasana sekitar saat Pertempuran Ambarawa terjadi
Baca juga: Kronologi Pertempuran Surabaya
Pertempuran Ambarawa terjadi pada 20 Oktober 1945, ketika Sekutu yang dipimpin oleh Brigjen Bethel mendarat di Semarang.
Setelah itu, pasukan Sekutu yang sedang berjalan menuju ke Magelang pun membuat kerusuhan.
Awalnya, Bethel diperkenankan untuk melucuti senjata pasukan Jepang.
Dia juga diizinkan mengevakuasi 19.000 interniran Sekutu yang ada di Kamp Banyu Biru Ambarawa dan Magelang.
Akan tetapi, ternyata pasukan Sekutu membelot dengan mempersenjatai para tawanan Jepang.
Pada 26 Oktober 1945, insiden pun pecah di Magelang, yang kemudian berlanjut antara Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan tentara Inggris.
Orange Hotel di Surabaya, lokasi perobekan bendera Belanda ketika Pertempuran Surabaya.
Puncak pertempuran terjadi pada 20 November 1945, di Ambarawa antara pasukan TKR yang dipimin Mayor Sumarto dengan pasukan Inggris.
Aksi tembak-menembak dan pengeboman terus terjadi selama berhari-hari.
Kendati begitu, pada akhirnya pasukan TKR berhasil meluluhlantakkan pasukan Inggris pada 12 Desember 1945.
Pada akhirnya, pasukan Inggris yang sudah sangat terdesak bersedia meninggalkan Ambarawa dan mundur ke Semarang pada 15 Desember 1945.
Baca juga: Pertempuran Ambarawa: Latar Belakang, Tokoh, Akibat, dan Akhir
Tentara Inggris tiba di Surabaya pada 25 Oktober 1945, di bawah pimpinan Brigadir Jenderal Mallaby.
Kemudian, pada 27 Oktober 1945, tentara Inggris mulai menduduki gedung-gedung pemerintahan di Surabaya yang dijaga oleh rakyat dan para pemuda Indonesia.
Lebih lanjut, pada 29 Oktober 1945, atas permintaan Letjen Christison, Presiden Soekarno datang ke Surabaya untuk menghentikan pertempuran.
Pertemuan keduanya pun menghasilkan terjadinya gencatan senjata.
Akan tetapi, pada 31 Oktober 1945, tersiar kabar tentang hilangnya Brigjen Mallaby yang ternyata tewas terbunuh.
Sebagai tindak lanjut dari kabar tersebut, pihak Inggris, Mayir Jenderal Manserg, memberikan ultimatum kepada rakyat Surabaya pada 9 November 1945.
Namun, hingga tanggal 10 November 1945, pukul 06.00 pagi WIB, tidak ada seorang pun dari bangsa Indonesia yang menyerahkan diri.
Akibatnya, pertempuran pun pecah. Para pejuang Indonesia berusaha melawan Sekutu menggunakan senjata tradisional bambu runcing.
Setelah tiga pekan, pertempuran Surabaya pun mulai mereda pada 28 November 1945.
Pertempuran ini telah memakan korban jiwa dari pihak Indonesia sebanyak 20.000 orang, sedangkan dari pihak Sekutu sebanyak 1.500 orang.
Baca juga: Mohammad Toha, Tokoh Penting Peristiwa Bandung Lautan Api
Peristiwa Bandung Lautan Api terjadi tanggal 13 Oktober 1945, ketika pasukan Sekutu tiba di Kota Bandung dengan diboncengi oleh NICA.
Setibanya di Bandung, pasukan Sekutu langsung menguasai kota dengan alasan melucuti dan menawan tentara Jepang.
Kemudian, pada 27 November 1945, Sekutu mengeluarkan ultimatum agar rakyat Bandung segera meninggalkan area Bandung Utara, tetapi ultimatum itu tidak dihiraukan.
Sekutu yang mulai terdesak pun kembali mengeluarkan ultimatum kedua agar selambat-lambatnya pada 24 Maret 1946 pukul 24.00, pasukan Indonesia sudah meninggalkan Bandung sejauh 11 kilometer.
Ultimatum ini lantas mendongkrak semangat perlawanan para pejuang Indonesia.
Pasukan Indonesia membuat strategi dengan merancang operasi bernama Bumi Hangus.
Begitu penduduk meninggalkan Bandung, operasi Bumi Hangus langsung dijalankan dengan membakar bangunan rumah atau gedung di Bandung.
Prasasti yang menjadi bukti terjadinya Pertempuran Medan Area
Dalam sekejap, Kota Bandung sudah diselimuti oleh asap gelap dan pemadaman listrik.
Kondisi ini kemudian dimanfaatkan oleh tentara Indonesia untuk menyerang Sekutu secara bergerilya.
Baca juga: Pertempuran Medan Area: Latar Belakang, Konflik, dan Dampak
Pertempuran Medan Area terjadi tanggal 13 Oktober 1945 hingga April 1946, setelah tentara Sekutu yang dipimpin oleh TED Kelly mendarat di Medan.
Kedatangan Sekutu dan NICA ini memancing kemarahan warga Indonesia.
Terlebih, ketika salah satu anggota NICA disebut merampas dan menginjak-injak lencana merah putih yang digunakan oleh seorang pemuda Indonesia.
Menindaklanjuti hal ini, pada 13 Oktober 1945, barisan pemuda dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) bertempur melawan Sekutu dan NICA.
Inggris kemudian mengeluarkan ultimatum kepada bangsa Indonesia untuk segera menyerahkan senjata kepada Sekutu, tetapi lagi-lagi ultimatum itu tidak diindahkan.
Puncak pertempuran terjadi tanggal 10 Desember 1945, di mana Sekutu dan NICA menyerang Kota Medan secara habis-habisan.
Bulan April 1946, Sekutu sudah berhasil menguasai Kota Medan.
Baca juga: Kronologi Agresi Militer Belanda I
Setelah proklamasi kemerdekaan berlangsung, Indonesia masih dihantui oleh Belanda.
Belanda terus berusaha merebut kembali kemerdekaan dengan melakukan sejumlah serangan, salah satunya Agresi Militer Belanda I.
Agresi Militer Belanda I terjadi pada tanggal 21 Juli 1947 hingga 5 Agustus 1947, yang dipimpin oleh Letnan Gubernur Jenderal Johannes van Mook.
Tujuan Agresi Militer Belanda I adalah membangkitkan perekonomian Belanda dengan cara menguasai kekayaan sumber daya alam Indonesia.
Target utama Belanda ialah Sumatera dan Jawa untuk menguasai sumber daya alam di sana.
Di Pulau Jawa, Belanda menyerang Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
Indonesia mengirim pasukan Siliwangi untuk melawan tentara Belanda.
Salah satu strategi yang digunakan oleh pasukan Siliwangi adalah melakukan serangan gerilya pada sektor-sektor penting, seperti jalan-jalan penghubung, jalur logistik, dan pos Belanda.
Pada praktiknya, serangan gerilya pasukan Siliwangi di Jawa Barat berhasil mengalahkan usaha perkebunan yang menjadi sektor ekonomi penting bagi Belanda.
Agresi Militer Belanda I berakhir dengan ditandatanganinya Perjanjian Renville pada 17 Januari 1947.
Baca juga: Mengapa Perjanjian Renville Merugikan Indonesia?
Belanda mengingkari perjanjian Renville dengan melancarkan serangan Agresi Militer Belanda II pada 19 Desember 1948, di Yogyakarta.
Pada Minggu pagi 19 Desember 1948, Belanda mulai menyerang Kota Yogyakarta yang saat itu menjadi ibu kota sementara Indonesia.
Belanda melakukan serangan udara mendadak yang membuat pasukan Indonesia kewalahan.
Hanya dalam waktu beberapa jam, sore hari pada tanggal yang sama, Yogyakarta sudah berhasil diambil alih oleh Belanda.
Setelah mendengar serangan mendadak tersebut, Panglima TNI Jenderal Sudirman memberikan perintah kilat melalui radio yang bertujuan untuk melawan musuh dengan cara perang rakyat semesta.
Maksudnya, para pasukan akan hijrah dengan cara long march ke wilayahnya masing-masing dan membentuk kekuatan.
Setelah kekuatan terbentuk, pertempuran dimulai antara pasukan Indonesia dan pasukan Belanda.
Agresi Militer Belanda II telah banyak memakan korban jiwa dan kerusakan besar bagi pihak Indonesia.
Saking besarnya, aksi penyerangan ini sampai terdengar ke kancah internasional, termasuk Amerika Serikat (AS).
Akibatnya, AS memutuskan untuk menghentikan bantuan dana kepada Belanda. AS dan PBB juga mendesak agar Belanda segera melakukan gencatan senjata dan menggelar perundingan damai.
Akhirnya, pada 7 Mei 1949, Agresi Militer Belanda II berakhir dengan ditandatanganinya perjanjian Roem-Royen.
Baca juga: Hasil Konferensi Meja Bundar yang Tidak Dapat Direalisasikan Belanda
Akhir perang kemerdekaan Indonesia adalah penyerahan kedaulatan Indonesia oleh Belanda pada 27 Desember 1949.
Sebelum penyerahan itu tercapai, Indonesia dan Belanda lebih dulu berunding dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) yang dilaksanakan di Den Haag, Belanda, pada 23 Agustus hingga 2 November 1949.
KMB dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Indonesia, Mohammad Hatta.
Pada akhirnya, tanggal 2 November 1949, Indonesia dan Belanda berhasil mencapai kesepakatan dengan menandatangani persetujuan KMB.
Salah satu isi KMB adalah Belanda menyerahkan kedaulatan penuh kepada RI pada Desember 1949, tepatnya tanggal 27 Desember.
Definisi Perang Salib adalah serangkaian perang agama yang dikobarkan pada tahun 1095 oleh Gereja Katolik Roma. Mereka melanjutkan, dalam berbagai bentuk, selama berabad-abad. Perang Salib yang paling terkenal terjadi antara 1095 dan 1291 di Timur Dekat, di mana tentara Kristen Eropa berusaha untuk merebut kembali kota Yerusalem dari kekuasaan Islam.
Timur Dekat adalah istilah yang sering digunakan arkeolog dan sejarawan untuk merujuk kepada kawasan Levant atau Syam (sekarang Palestina, Jalur Gaza, Lebanon, Suriah, Tepi Barat dan Yordania), Anatolia (sekarang Turki), Mesopotamia (Irak dan Suriah timur), dan Plato Iran (Iran).
Ada Perang Salib lainnya melawan Muslim di Iberia dan melawan kaum pagan dan sesama Kristen di Eropa yang dianggap sesat oleh Gereja Katolik. Setelah Perang Salib Pertama (1095-1099) diluncurkan oleh Paus Urbanus II, sebagian besar Tanah Suci diduduki oleh Negara-negara Tentara Salib Eropa, serta perintah militer seperti Ksatria Templar. Pada akhir abad ke-18 Perang Salib telah berakhir, meninggalkan Eropa dan Timur Dekat selamanya berubah.
Sudut Pandang Kaum Popularis
Kaum popularis membatasi definisi Perang Salib sebagai perang-perang yang bercirikan gerakan khalayak ramai dengan alasan keagamaan, yakni hanya Perang Salib pertama dan mungkin pula Perang Salib Rakyat.
Nah, itulah informasi mengenai sejarah peradaban Mesir Kuno dari periode pradinasti hingga dominasi Romawi. Mesir telah meninggalkan warisan yang abadi. Seni dan arsitekturnya banyak ditiru, dan barang-barang antik buatan peradaban ini dibawa hingga ke ujung dunia. Reruntuhan-reruntuhan monumentalnya menjadi inspirasi bagi pengelana dan penulis selama berabad-abad.
Perang Salib Pertama, Kedua, dan Ketiga
Perang Salib yang paling terkenal adalah tiga yang pertama. Perang Salib Pertama adalah peristiwa yang sangat penting. “Itu memulai gerakan Perang Salib dan mengakibatkan penaklukan beberapa kota besar dan kota-kota besar di Timur Dekat termasuk Edessa, Antiokhia dan Yerusalem,” kata Morton.
Perang Salib Kedua (1147-1150) adalah peristiwa rumit yang tidak terbatas di Timur Dekat. “Itu adalah tanggapan atas jatuhnya kota Edessa (ibukota Kabupaten Edessa) pada tahun 1144 oleh penguasa Turki (Imaduddin) Zangi,” tulis Morton. “Perang salib itu sendiri berangkat untuk merebut kembali Edessa, tetapi tidak pernah mendekati target ini dan memuncak dalam pengepungan Damaskus yang gagal pada tahun 1148. Perang Salib Kedua juga mencakup ekspedisi yang diluncurkan di perbatasan lain, termasuk gerakan yang dilakukan di Iberia (Spanyol dan Portugal) dan wilayah Baltik”.
Perang Salib Ketiga (1189-1192) diluncurkan setelah penaklukan kembali secara dramatis oleh Islam atas Yerusalem. Paus melancarkan Perang Salib Ketiga setelah Pertempuran Hattin, ketika penguasa Muslim, Saladin (Salahuddin Yusuf bin Ayub atau Salahudin Al Ayubi) mengalahkan kerajaan Yerusalem, kata Morton. “Kepausan menanggapi dengan meningkatkan perang salib baru yang besar yang dipimpin oleh penguasa – seperti Frederick I dari Jerman, Philip II dari Perancis dan Richard I dari Inggris (juga disebut The Lionheart). “Pada akhir Perang Salib, Yerusalem tetap di bawah kendali Saladin, tetapi tentara salib berhasil merebut kembali beberapa kerajaan kota pesisir Yerusalem,” kata Morton.
Menyusul keberhasilan mereka dalam merebut Yerusalem pada tahun 1099, Tentara Salib mendirikan empat wilayah Katolik Roma di Timur Tengah. Dikenal sebagai “Negara Tentara Salib” atau “Outremer” (istilah Prancis abad pertengahan untuk “luar negeri”). “Mereka terdiri dari County Edessa, Kerajaan Antiokhia, Kerajaan Yerusalem dan, kemudian, County Tripoli,” menurut Morton.
Antiokhia, Edessa, dan Tripoli meliputi wilayah yang sekarang menjadi Suriah, Lebanon, dan Turki Tenggara, sementara Yerusalem mencakup Israel dan Palestina modern. Meskipun negara-negara bagian didirikan oleh Tentara Salib, populasi negara-negara bagian itu hanya berisi minoritas “Frank” — istilah Muslim dan Ortodoks Timur untuk orang Eropa Barat.
Kebanyakan orang yang tinggal di negara bagian adalah penduduk asli Kristen dan Muslim yang berbicara dalam berbagai bahasa Timur Tengah, tulis Andrew Jotischky dalam bukunya ” Perang Salib dan Negara Tentara Salib ” (Routledge: Taylor & Francis, 2014).
Edessa jatuh ke tangan panglima perang Turki, Imaduddin Zangi pada tahun 1144, tetapi negara-negara lain bertahan melawan pasukan Muslim selama bertahun-tahun. Pada tahun 1268, sultan Mamluk Mesir pada saat itu, yang dikenal sebagai Baibars, dan pasukannya merebut Antiokhia; kemudian pada tahun 1289, sultan Mamluk Qalawun mengalahkan Tripoli. Kota Yerusalem direbut oleh Saladin, Sultan Mesir dan Suriah, pada tahun 1187, tetapi kerajaan itu bertahan sampai ibu kota penggantinya, Acre, jatuh pada tahun 1291.
Sudut Pandang Kaum Popularis
Kaum popularis membatasi definisi Perang Salib sebagai perang-perang yang bercirikan gerakan khalayak ramai dengan alasan keagamaan, yakni hanya Perang Salib pertama dan mungkin pula Perang Salib Rakyat.
Nah, itulah informasi mengenai sejarah peradaban Mesir Kuno dari periode pradinasti hingga dominasi Romawi. Mesir telah meninggalkan warisan yang abadi. Seni dan arsitekturnya banyak ditiru, dan barang-barang antik buatan peradaban ini dibawa hingga ke ujung dunia. Reruntuhan-reruntuhan monumentalnya menjadi inspirasi bagi pengelana dan penulis selama berabad-abad.
Ada Berapa Perang Salib?
Beberapa Perang Salib terjadi antara abad ke-11 dan ke-13, tetapi jumlah pastinya masih diperdebatkan di antara para sejarawan. “Sejarawan umumnya cukup konsisten dalam menomori lima perang salib terbesar ke Mediterania Timur, menggunakan istilah seperti ‘Perang Salib Pertama’, ‘Perang Salib Kedua,’ dan seterusnya,” tulis Morton.
“Masalahnya adalah bahwa sistem penomoran ini tidak komprehensif dan juga tidak digunakan oleh orang-orang sezaman. Selama Perang Salib Pertama, yang berlangsung dari 1095 hingga 1099, tentara Kristen Eropa mengalahkan Yerusalem dan mendirikan Negara Tentara Salib. Setelah Perang Salib Kelima, beberapa sejarawan modern mengidentifikasi beberapa perang salib di akhir abad ke-13 dengan menggunakan label seperti perang salib Keenam, Ketujuh, dan Kedelapan. Namun, konsistensinya kurang di sini.”
Sudut Pandang Kaum Tradisionalis
Kaum tradisionalis membatasi definisiPerang Salib sebagai perang-perang yang dilakukan oleh umat Kristen di Tanah Suci semenjak 1095 sampai 1291, baik untuk membantu umat Kristen di negeri itu maupun untuk memerdekakan Yerusalem dan Makam Suci dari penjajahan.
Perang Salib Lewat Mesir
Selama abad ke-13, Perang Salib ke Timur Dekat sebagian besar berusaha untuk merebut kembali atau mempertahankan kendali atas kota Yerusalem. Yang paling sukses dari tentara salib kemudian adalah Kaisar Romawi Suci Frederick II. “Frederick sempat berhasil mendapatkan kembali Yerusalem pada tahun 1229, meskipun hanya tetap berada di tangan Frank (Eropa Barat) sampai tahun 1244,” kata Morton. “Dalam kasus Frederick, dia berlayar langsung ke kerajaan Yerusalem dan mengamankan kembalinya Kota Suci selama negosiasi diplomatik dengan sultan Mesir”.
Periode ini juga melihat Mesir menjadi medan pertempuran tentara salib. “Dua Perang Salib lain yang sangat besar, Kelima dan Ketujuh, berusaha menaklukkan Mesir sebelum maju melawan Yerusalem. Rencana mereka adalah mengamankan kekayaan pertanian Delta Nil dan pendapatan kota-kota dagang Mesir,” kata Morton. “Mereka kemudian akan menggunakan sumber daya ini sebagai basis untuk mencapai penaklukan kembali Yerusalem secara permanen. Kedua upaya itu gagal”.
Perang Salib berkembang jauh dari Tanah Suci selama waktu ini, dengan Paus berusaha untuk mendapatkan kontrol yang lebih ketat dari berbagai gerakan. “Mungkin perkembangan paling signifikan dalam perang salib selama abad ini terjadi di wilayah lain,” kata Morton. “Pada saat itu, Paus memulai Perang Salib melawan berbagai lawan di banyak daerah. Ini termasuk bidat Albigensian di Prancis selatan, Mongol di Eurasia Tengah dan lawan politik Paus. Selain itu, kepausan mendorong populasi yang lebih luas untuk berkontribusi pada perang salib baik melalui sumbangan keuangan, doa, prosesi atau ritual keagamaan lainnya,” kata Morton.
Warisan Perang Salib tetap kuat bahkan di abad ke-21, menurut Morton. “Era Perang Salib ke Tanah Suci paling dikenal saat ini sebagai salah satu periode paling konfliktual dalam sejarah hubungan antara Kristen Barat dan Islam,” katanya. “Dalam imajinasi populer, Perang Salib ini dianggap sebagai konflik langsung antara dua agama yang bertentangan.”
Perang Salib sama rumitnya selama Abad Pertengahan. “Ironinya adalah, meskipun Perang Salib terus dikenang dengan cara ini di abad ke-21, sumber-sumber yang bertahan dari periode abad pertengahan – yang ditulis oleh penulis dari berbagai budaya – menceritakan kisah yang berbeda,” kata Morton.
“Mereka memang berisi pernyataan kebencian, kekerasan, pembantaian, hasutan kemenangan untuk perang agama dan kekalahan agama lain. Namun, mereka juga menyertakan deskripsi persahabatan, aliansi, pernyataan rasa hormat dan kekaguman yang melintasi batas budaya dan agama.” Dia menambahkan bahwa “perbatasan perang di Timur Dekat sangat jarang sejelas ‘Kristen vs Muslim’ atau ‘Muslim vs Kristen’.”
Kampanye militer dan gerakan keagamaan yang besar seperti itu pada akhirnya mempengaruhi bidang-bidang pembangunan manusia lainnya di Timur Dekat. Misalnya, mereka mendorong berbagi dan penciptaan teknologi baru, bentuk seni dan arsitektur baru, serta pertukaran ide dan bahkan masakan yang berbeda. “Dua dunia – Muslim dan Kristen Barat – belajar banyak informasi tentang satu sama lain,” kata Morton.
Nah, itulah informasi mengenai terminologi dan latar belakang terjadinya Perang Salib. Perang Salib adalah sebutan bagi perang-perang agama di Asia Barat dan Eropa antara abad ke-11 sampai abad ke-17, yang disokong oleh Gereja Katolik. Perang itu disebut Perang Salib oleh orang Kristen, sedangkan orang Islam menyebutnya dengan Perang Suci.